MULYANA, MULYANA (2018) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMAN 2 MASBAGIK TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI MULYANA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komparasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMAN 2 Masbagik tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian comarison. Dalam bentuk Randomized posttest- only comparison desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester 1 SMAN 2 Masbagik tahun pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 125 orang. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 (NHT) dan kelas IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 (STAD). Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar kognitif siswa dalam bentuk tes essay yang berjumlah 8 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 1 (NHT) yakni 73,92 dan kelas eksperimen 2 (STAD) 76,46. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 5 % adalah diperoleh thitung sebesar 1,42. Setelah dibandingkan dengan ttabel 1,67, maka thiting 1,42<ttabel 1,67 yang berarti Ho diterima dan Ha ditolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada komparasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMAN 2 Masbagik tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe NHT, Tipe STAD, Hasil Belajar Kognitif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain |
Date Deposited: | 31 Jan 2021 13:49 |
Last Modified: | 31 Jan 2021 13:49 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3870 |
Actions (login required)
View Item |