NURHIDAYATI, NURHIDAYATI (2018) “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR JARINGAN DAN ORGAN TUMBUHAN KELAS XI SMAN 1 SAKRA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018”. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
skripsi nurhidayati.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa materi struktur jaringan dan organ tumbuhan kelas XI SMAN 1 Sakra Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI SMAN 1 Sakra Timur, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA I sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan XI IPA II sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan media visual dengan nilai rata-rata 76,5 sedangkan kelas kontrol diajarkan tanpa media visual dengan nilai rata-rata 65,5, sehingga diperoleh thitung sebesar 5,42 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,045. Karena thitung lebih besar dari ttabel (5,42 > 2,045) maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi struktur jaringan dan organ tumbuhan kelas XI IPA SMAN 1 Sakra Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci : Media visual, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain |
Date Deposited: | 31 Jan 2021 13:59 |
Last Modified: | 31 Jan 2021 13:59 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3871 |
Actions (login required)
View Item |