MENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI METODE EKSPOSITORI DI KELAS X SMA NEGERI 1 SELONG LOMBOK TIMUR

SOPIANDY, INDRA (2018) MENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI METODE EKSPOSITORI DI KELAS X SMA NEGERI 1 SELONG LOMBOK TIMUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

INDRA SOPIANDY, 2018. Meningkatkan hasil belajar sosiologi melalui metode Ekspositori di kelas X SMA Negeri 1 Selong Kabupaten Lombok Timur. Skripsi. Jurusan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Hamzanwadi Selong. Dibimbing oleh Ahmad Tohri, MSi dan M.Ridwan Markarma. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi melalui metode ekspositori di kelas X SMA Negeri 1 Selong Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I sebanyak 4 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes hasil belajar sosiologi pada siswa di setiap akhir siklus, data tentang proses belajar mengajar diambil melalui lembar observasi dan angket respon terkait pelaksanaan tindakan selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini adalah penelitian yang dikemukakan Wina Sanjaya yang dimodifikasi menjadi 2 siklus. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas empat tahapan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada tiap siklus yaitu perncanaan, tindakan, Obsevasi, dan refleksi prosedur. Dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Selong. Instrumen pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah Menggunakan tehnik wawancara, angket respon siswa terhadap pembelajaran sosiologi, dan tes hasil belajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data hasil validasi instrumen, analisis data hasil lembar validasi bahan ajar, analisis data hasil angket respon siswa. Uji coba dilakukan dengan metode ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari tes siklus I tergambar bahwa dari 37 siswa kelas X SMA Negeri I Selong Kabupaten Lombok Timur, 20 siswa atau 51.3% belum mencapai batas ketuntasan, yaitu nilai 70-95%. Sedang yang mencapai batas tuntas yaitu sebanyak 17 siswa atau hanya 48.6%. Nilai rata - rata seluruh siswa yaitu 71.48% sehingga dikategorikan cukup. Dari tes siklus II tergambar bahwa dari 37 siswa kelas X SMA Negeri 1 Selong Kabupaten Lombok Timur, 2 Siswa atau 2.7% belum mencapai batas ketuntasan, yaitu nilai 70-95%. Sedang yang mencapai batas tuntas yaitu sebanyak 35 siswa atau hanya 97.2%. Nilai rata - rata seluruh siswa yaitu 81.59% sehingga dikategorikan baik. Dari tes akhir tergambar bahwa dari 37 siswa kelas X SMA Negeri 1 Selong Kabupaten Lombok Timur, 1 siswa atau 2.7 % belum mencapai batas ketuntasan, yaitu nilai 70-95%. Sedang yang mencapai batas tuntas yaitu sebanyak 41 siswa atau hanya 97.2%. Nilai ta-rata seluruh siswa yaitu 84. 48% sehingga dikategorikan baik. Setelah melakukan analisis data maka peneliti mendapatkan tes akhir (84.48) lebih tinggi dibandingkan dengan tes awal (57.56). Dalam hal ini, siswa mengalami peningkatan dalam hasil belajar sosiologi yaitu 46.76%. Kata Kunci : Metode Ekpositori, Hasil Belajar Dan Sosiologi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 02 Feb 2021 08:11
Last Modified: 02 Feb 2021 08:11
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3894

Actions (login required)

View Item View Item