MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW,QUESTION,READ,REFLECT,RECITE DAN REVIEW) KELAS VIII MTs NW LENDANG BAGIK TAHUN AJARAN 2014/ 2015

IHSAN, NURUL (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW,QUESTION,READ,REFLECT,RECITE DAN REVIEW) KELAS VIII MTs NW LENDANG BAGIK TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI NURUL IHSAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nurul Ihsan, 2015. Penerapan strategi pembelajaran pq4r (preview, question, read, reflec, recite and review) pada siswa MTs.nw lendang bagik dalam meningkatkan hasil belajar tahun pembelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa (biologi) melalui strategi pembelajaran pq4r (preview, question, read, reflec, recite and review) pada siswa kelas VIII di MTs..Nw lendang bagik pada tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan evaluasi tes hasil belajar. teknik analisa data dengan teknik analisis aktivitas siswa dan skor rata-rata aktivitas siswa dan teknik analisis hasil belajar dengan ketuntasan hasil belajar dan rata-rata presentase prestasi hasil belajar. hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I yakni skor rata-rata aktivitas siswa 10,90 dan guru 60,03(cukup aktif) dan 12,70 dan guru 61,07(aktif) ini menunjukkan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 1,80 dan guru 1,50 yang dikategorikan cukup aktif, presentase ketuntasan belajar diperoleh 43,75% dengan skor rata-rata tes 62,50 dengan jumlah siswa yang tuntas 14 orang pada siklus II skor rata-rata aktivitas siswa dengan skor rata-rata 12,70 berkategoti aktif. skor rata-rata ketuntasan belajar sebesar 67,81 dengan jumlah siswa yang tuntas 28 orang . presentase ketuntasan belajar sebesar 87,50 %. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran pq4r (preview, question, read, reflec, recite and review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa MTs .Nw lendang bagik tahun pembelajaran 2014/2015 kata kunci: strategi pembelajaran, pq4r (preview, question, read, reflec, recite and review), hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:37
Last Modified: 03 Feb 2021 01:37
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item View Item