PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PADA SISWA KELAS X MA NW TOYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

WARDAINI, WARDAINI (2018) PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PADA SISWA KELAS X MA NW TOYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI WARDAINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Wardaini. (2018). Pengaruh cooperative learning tipe Number Head Together terhadap penguasaan konsep biologi siswa kelas X MA NW Toya Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program StudiPendidikan biologi, Universitas Hamzanwadi. Email : [email protected] Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cooperative learning tipe number head togetherterhadappenguasaankonsepbiologisiswakelas X MA NW Toya Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MA NW Toyatahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknikrandom sampling. Kelas XA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas XB sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretes and post-test control group design. Instrumenpenelitian menggunakan tes penguasaankonsep. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak yaitu polled varian dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (4.24>2.01) yang berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Cooperative Learning Tipe Number Head TogetherTerhadap penguasaan konsep biologi siswa kelas X MA NW ToyaTahun Pelajaran 2017/2018. . Kata Kunci: cooperative learning tipe number head together, penguasaankonsep

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:52
Last Modified: 03 Feb 2021 05:52
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3911

Actions (login required)

View Item View Item