WARDAINI, WARDAINI (2018) PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PADA SISWA KELAS X MA NW TOYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI WARDAINI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Wardaini. (2018). Pengaruh cooperative learning tipe Number Head Together terhadap penguasaan konsep biologi siswa kelas X MA NW Toya Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program StudiPendidikan biologi, Universitas Hamzanwadi. Email : [email protected] Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cooperative learning tipe number head togetherterhadappenguasaankonsepbiologisiswakelas X MA NW Toya Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MA NW Toyatahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknikrandom sampling. Kelas XA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas XB sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretes and post-test control group design. Instrumenpenelitian menggunakan tes penguasaankonsep. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak yaitu polled varian dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (4.24>2.01) yang berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Cooperative Learning Tipe Number Head TogetherTerhadap penguasaan konsep biologi siswa kelas X MA NW ToyaTahun Pelajaran 2017/2018. . Kata Kunci: cooperative learning tipe number head together, penguasaankonsep
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 05:52 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 05:52 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3911 |
Actions (login required)
View Item |