PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2018/2019

HASTUTI, YUNIA IDA (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI YUNIA IDA HASTUTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 1 Keruak Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dalam bentuk post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Keruak dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan siswa kelas X MIPA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling, yaitu secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang berupa tes essey. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan menggunakan rumus chi-kuadrat dan uji homogenitas data dengan menggunakan rumus uji-F, sedangkan tekhnik uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Nilai rata-rata dari hasil tes belajar kognitif yang diperoleh dari kelas eksprimen (=76,27) dan kelas kontrol (= 57,8). Hasil uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kategori berdistribusi normal dan tidak normal. Untuk kelas eksprimen nilai x2hitung (8,307) <x2 tabel (11,070) berdistribusi normal dan kelas kontrol nilai x2hitung (53,44) <x2tabel (11,070) berdistribusi tidak normal. Sedangkan untuk uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kedua kelompok berkategori homogen yang dilihat dari nilai fhitung (1,412) < ftabel (1,858). Untuk uji hipotesis diperoleh thitung (5,93) > ttabel (1,832). Dengan demikian ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN 1 Keruak Tahun Pelajaran 2016/2017 Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajar Kognitif eksprimen nilai x2hitung (8,307) <x2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:26
Last Modified: 03 Feb 2021 06:26
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3913

Actions (login required)

View Item View Item