TERKIKISNYA BAHASA HALUS ”TIANG NGGIH” DI LINGKUNGAN MASYARAKAT BANGSAWAN SASAK DI DUSUN KARANG KATON DESA SELAPARANG KECAMATAN SUELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

RAFIIL HAPIPUDIN, LALU (2018) TERKIKISNYA BAHASA HALUS ”TIANG NGGIH” DI LINGKUNGAN MASYARAKAT BANGSAWAN SASAK DI DUSUN KARANG KATON DESA SELAPARANG KECAMATAN SUELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang bahasa halus sasak “tiang nggih” yang semakin hilang di masyarakat bangsawan sasak di Dusun Karang Katon Desa Selaparang Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur, yang dimana kita akan meliahat apa yang menyebabkan bahasa halus sasak tiang nggih dari generasi kegenerasi semakin hilang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengandesain penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini metoe pengumpulan data metode wawancara , obseevasi atau pengamatan secara mendalam dengan pihak-pihak terkait seperti anak-anak, remaja,masyarakat dan orang tua yang berada di Dusun Karang Katon dan data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder. Penentuan informan dilakukan secara purposive. Teori yang digunakan adalah teoori perubahan sosial. Penelitian ini validitas datang yang digunakan adalah tehnik tringulasi sumber. Tehnik analisis data yang di gunakan yaitu reduksi data, panyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari peneilitian ini yaitu penyebab dari terkikisnya budaya bahasa halus tiang nggih di Dusun Karang Katon Desa Selaparang Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur adalah lignkungan kelurga dan teman bermain. Kata kunci: lingkungan kelurga, teman bermain dan bahasa keseharian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Fenomena Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 04 Feb 2021 02:27
Last Modified: 04 Feb 2021 02:27
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3924

Actions (login required)

View Item View Item