RAHMADANITA, EKA NUR (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTIONS (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN GEJALA PEMANASAN GLOBAL KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI EKA NUR RAHMADANITA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitiain ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Start With A Questions (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan gejala pemanasan global siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Labuhan Haji tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Labuhan Haji tahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling, kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas XI IPA-4 sabagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t polled varian. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa yaitu (1,664 < 1,673) yang berarti ditrima dan ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Start With A Questions (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Artinya pembelajaran ini tidak secara langsung memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, namun dapat melatih siswa dalam bertanya dan membaca. Kata Kunci: Model LSQ, Berpikir Kritis, Gejala Pemanasan Global
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain |
Date Deposited: | 06 Feb 2021 01:47 |
Last Modified: | 06 Feb 2021 01:47 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3933 |
Actions (login required)
View Item |