PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2017/2018

WAHID, M. MAGHFUR (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI M.MAGHFUR WAHID.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

M. Maghfur Wahid. 13230005. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Terhadap prestasi belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2017/2018” Skripsi: Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Hamzanwadi. 2018. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh problem posing dan problem solving terhadap prestasi belajar siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa. 3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Populasi pada penelitian ini adalah semua kelas X IPS dengan kelas X IPS 1 sebagai kelompok eksperimen I penerapan model pembelajran problem solving dan kelas X IPS 2 sebagai kelompok eksperimen II penerapan model pembelajaran problem posing. Adapun teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Hasil analisis data menujukkan 1) Tidak ada pengaruh menggunakan model pembelajaran problem posing dan probem solving terhadap prestasi belajar siswa dimana Fhitung > Ftabel (0,694 > 2,35); 2) Ada pengaruh motivasi belajar kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa siswa dimana Fhitung > Ftabel (2,671 > 2,35); 3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran problem posing dan probem solving terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Problem Posing, Problem Solving, Prestasi belajar, Motivasi Belaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 06 Feb 2021 02:38
Last Modified: 06 Feb 2021 02:38
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3937

Actions (login required)

View Item View Item