RAHMATULLAH, M. SALIM (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATERI BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 MASBAGIK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI M.SALIM RAHMATULLAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal pada materi gelombang bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Masbagik Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Masbagik Tahun Pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas XI IPA-2 sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (4,35 > 1,69) yang berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal pada materi gelombang bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Masbagik Tahun Pembelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal, Hasil Belajar, Gelombang Bunyi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Sains > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain |
Date Deposited: | 06 Feb 2021 02:59 |
Last Modified: | 06 Feb 2021 02:59 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3939 |
Actions (login required)
View Item |