PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN SISWA KELAS X MA MUALLIMIN NW GUNUNG RAJAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ZULHAIRI, ZULHAIRI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN SISWA KELAS X MA MUALLIMIN NW GUNUNG RAJAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSII ZULHAIRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari minat belajar siswa pada materi pengukuran siswa kelas X MA MUALLIMIN NW Gunung Rajak tahun pelajaran 2017/2018. 2) Apakah ada pengaruh minat belajar tinggi dan minat belajar rendah terhadap prestasi belajar fisika siswa; 3) Apakah ada Interaksi antara model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dengan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA MUALLIMIN NW Gunung rajak tahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampeling. Kelas X IPA.1 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X IPA.2 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat dan tes prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan, 1) ada pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap prestasi belajar siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa karena FAhitung>Ftabel yaitu 3,08 >2,08, yang berarti H0A ditolak. Perhitungan uji scheffe menunjukkan thitung> ttabel yaitu 3,62 >2,08, yang berarti STM lebih berpengaruh dibandingkan dengan konvensional; 2) tidak ada pengaruh siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memiliki minat belajar rendah terhadap prestasi belajar fisika siswa karena FBhitung<Ftabel yaitu 0,00 < 2,08, yang berarti H0B diterima. 3) ada interaksi antara model pembelajaran STM dengan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa karena FAhitung>Ftabel yaitu 2,46 > 2,08 yang berati H0AB ditolak. Kata Kunci: Model Sains Teknologi Masyarakat (STM), prestasi belajar, minat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 06 Feb 2021 03:25
Last Modified: 06 Feb 2021 03:25
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3943

Actions (login required)

View Item View Item