ARDINI, NINI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DAN JIGSAW DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X IPA MA MU’ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI NINI ARDINI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together)dan Jigsaw terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi momentum dan impuls. 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar peserta didik kategori tinggi dan motivasi belajar peserta didik kategori rendah terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi momentum dan impuls. 3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran NHT dan Jigsaw dengan motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi momentum dan impuls. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Dengan menggunakan desain anava dua jalan 2x2 Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA MA Mu’allimin NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari tiga kelas X IPA 1 berjumlah 30 peserta didik, X IPA 2 berjumlah 31 peserta didik, X IPA 3 berjumlah 30 peserta didik, jadi total keseluruhan peserta didik kelas X IPA adalah 92 peserta didik. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Sedangkan yang digunakan sebagai sampel adalah kelas X IPA 2 dan X IPA 3 dimana untuk kelas eksperimen adalah kelas X IPA 3 dan untuk kelas kontrol digunakan kelas X IPA 2. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf signifikan 5% dengan Ftabel = 4,03 menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran NHT terhadap prestasi belajar pada materi momentum dan impuls dengan Fhitung = 4,89. Dari hasil tersebut, karena H0A ditolak artinya H1A diterima maka dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji scheffe. Hasil uji scheffe pada taraf signifikan 5% dengan Fijtabel = 4,03 menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw dengan Fhitung = 7,70; 2). Tidak ada pengaruh motivasi belajar kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi momentum dan impuls dengan Fhitung = 3,92 ; 3).Tidak ada interaksi antara model pembelajaran NHT dan Jigsaw dengan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi momentum dan impuls dengan Fhitung = -0,23. Kata Kunci: Model Pembelajaran NHT dan Jigsaw, prestasi belajar, motivasi belajar, momentum dan impuls
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain |
Date Deposited: | 06 Feb 2021 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2021 07:16 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3955 |
Actions (login required)
View Item |