PENGARUH MODEL INKUIRI BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X IPA MA NW KABAR TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

HASANAH, USWATUN (2018) PENGARUH MODEL INKUIRI BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X IPA MA NW KABAR TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI USWATUN HASANAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model inkuiri berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah materi momentum dan impuls kelas X MA NW Kabar tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA NW Kabar semester genap tahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Kelas X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelas X IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > t tabel yaitu 1,87 > 1,68, yang berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MA NW Kabar semester genap tahun pembelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Model Inkuiri, Kearifan Lokal, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 08 Feb 2021 01:30
Last Modified: 08 Feb 2021 01:30
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3967

Actions (login required)

View Item View Item