PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU SASAK LOMBOK DI SEKOLAH DASAR

ANDIKA WIRA KESATRIA, L (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU SASAK LOMBOK DI SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis permainan tradisional suku sasak lombok di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall dengan 10 tahapan yang disederhanakan menjadi 7 tahapan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Selaparang. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi lembar validasi, angket respon dan tes hasil belajar siswa. data yang diproleh pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif.. Hasil validasi dari kedua ahli yaitu ahli materi dan ahli tampilan menunjukkan kualifikasi “ baik “ untuk ahli materi diproleh nilai keseluruhan 52 dengan nilai rata-rata 4,0 sedangkan ahli tampilan berjumlah 33 dengan rata-rata 3.6. tes hasil belajar siswa pada saat uji coba terbatas dan uji coba lapangan masing-masing mendapatkan presentase tingkat ketuntasan 70% dan 80 % dan hasil respon siswa pada uji coba terbatas memproleh nilai keseluruhan 129 dengan presentase 86%. Sedangkan untuk uji coba lapangan memproleh nilai keseluruhan 264 dengan presentase 88% sehingga berdasarkan tabel konversi nilai bahwa respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangan sudah bagus. Kata Kunci: Bahan Ajar, Permainan Tradisional, Suku Sasak Lombok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:16
Last Modified: 09 Feb 2021 02:16
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3994

Actions (login required)

View Item View Item