PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL PADA MATERI EKOSISTEM MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA/MA

SARI, DIANA NOVITA (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL PADA MATERI EKOSISTEM MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA/MA. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI DIANA NOVITA SARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keunggulan lokal pada materi Ekosistem mata pelajaran biologi kelas X SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model Bord and Gall dengan menggunakan 5 tahapan saja yaitu (Research and information collecting, Planning, Develop preliminary form of product, Preliminary field testing, Main product revision). Validator terdiri dari 1 ahli materi, 1 ahli bahan ajar, dan 2 guru biologi. Responden terdiri dari 6 orang siswa kelas XI IPA MA Mu’allimin NW Pancor tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan data menggunakan angket dengan skala likert 5 menjadi skala 4 sesuai modifikasi peneliti. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar berupa LKS yang dikembangkan memiliki criteria sangat baik, baik dari segi materi (94%), segi desain bahan ajar (95%), guru Biologi (86,25%) dan respon siswa (91,45%). Dengan demikian, LKS ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Bahan Ajar LKS, Keunggulan Lokal, Ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Sains > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 09 Feb 2021 03:16
Last Modified: 09 Feb 2021 03:16
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3997

Actions (login required)

View Item View Item