PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN 01 DANGER TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DENGAN MENGGUNAKAN LEAFLET DAN LKS

SUGIARTI, LINA (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN 01 DANGER TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DENGAN MENGGUNAKAN LEAFLET DAN LKS. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan leaflet dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berada di SDN 01 Danger yang berjumlah 25 orang dan seluruh siswa kelas V yang berada di SDN 4 Sambelia yang berjumlah 24 siswa. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar siswa dan lembar angket respon siswa. Adapun instrument yang digunakan terlebih dahulu diujicobakan di sekolah yang berbeda. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Rata-rata hasil belajar Postest siswa untuk kelas eksperimen 1 atau yang menggunakan bahan ajar Leaflet adalah 69,94. Sedangkan rata-rata hasil belajar postest untuk kelas eksperimen 2 atau kelas yang menggunakan bahan ajar LKS adalah 65,50. Hasil t-hitung Postest adalah 1,761 dengan taraf signifikan 5% dan derajat keabsahan 47, maka didapatkan t-tabel sebesar 2,012. Berdasarkan analisis data tersebut, didapatkan t-hitung t-tabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kata Kunci: Perbandingan hasil belajar, Ilmu pengetahuan Sosial, Leaflet dan LKS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:00
Last Modified: 09 Feb 2021 05:00
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item View Item