PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI POLA LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 JANAPRIA TAHUN AJARAN 2019/2020

AZIS, SRI ROFIDA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI POLA LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 JANAPRIA TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI SRI ROFIDA AZIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui pola Lesson Study Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Janapria Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimental design dalam bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Janapria Tahun Ajaran 2019/2020, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 80 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes keterampilan proses sains siswa dalam bentuk essay yang berjumlah 7 soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 79,00 dan kelas kontrol yaitu 59,53. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf signifikan 5% yaitu diperoleh thitung sebesar 3,17. Setelah dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,045, menunjukkan bahwa thitung (3,17) > ttabel (2,045), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui pola Lesson Study Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Janapria Tahun Ajaran 2019/2020”. Kata Kunci : Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:38
Last Modified: 10 Feb 2021 03:38
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4025

Actions (login required)

View Item View Item