PENGARUH PEMBELAJARAN PBL DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA BAHASAN PENGUKURAN SISWA KELAS X IPA SMAN 1 SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AKBAR, MUHAMMAD ULUL AZMI (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN PBL DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA BAHASAN PENGUKURAN SISWA KELAS X IPA SMAN 1 SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD ULUL AZMI AKBAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa kelas X IPA SMAN 1 Suralaga pada materi Pengukuran, Tahun Pembelajaran 2018/2019; 2) pengaruh minat belajar tinggi dan minat belajar rendah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; dan 3) Interaksi antara metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning dengan minat belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 1 Suralaga, sejumlah empat kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling.Sehingga yang terpilih adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan siswa kelas X IPA 2 sebagai kelompok kontrol yang diajarkan dengan menggunakan Discovery Learning. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat dan tes kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis fisika siswa; 2) tidak ada pengaruh siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memiliki minat belajar rendah terhadap kemampuan berpikir kritis fisika siswa; 3) ada interaksi antara metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning dengan minat belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Uji lanjut dilakukan terhadap hasil hipotesis yang pertama dan disimpulkan bahwa Problem Based Learning (PBL) lebih berpengaruh dari pembelajaran Discovery Learning. Kata Kunci: metode PBL dan Discovery Learning, kemampuan berpikir kritis, minat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:49
Last Modified: 11 Feb 2021 03:49
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item