PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTS. AL-MAJIDIYAH NW MAJIDI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

AL FARISI, SALMAN (2019) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTS. AL-MAJIDIYAH NW MAJIDI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI SALMAN AL FARISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salman Al Farisi. 12230038. “Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Dengan Metode Learning Start With A Question Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs. Al-Majidiyah NW Majidi Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan MIPA, Universitas Hamzanwadi. 2019. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Problem Based Learning dengan metode pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap prestasi belajar siswa MTs. Al-Majidiyah NW Majidi tahun pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Al-Majidiyah NW Majidi tahun pelajaran 2019/2020, sejumlah tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan didapat dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes prestasi. Teknik analisa data menggunakan uji prasyarat analisis yaitu normalitas dan homogenitas, dan hipotesis dianalisis dengan menggunakan uji t dan didapatkan nilai thitung sebesar 6,41 dan ttabel 1,99 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan ada pengaruh pendekatan Problem Based Learning dengan metode Learning Start With A Question terhadap prestasi belajar fisika siswa MTs. Al-Majidiyah NW Majidi tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Pendekatan Problem Based Learning, Metode Learning Start With A Question, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:22
Last Modified: 11 Feb 2021 06:22
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4058

Actions (login required)

View Item View Item