PENGARUH METODE CTL (Contextual Teaching Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN 8 JURIT TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

ULFA, ROMDANI (2019) PENGARUH METODE CTL (Contextual Teaching Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN 8 JURIT TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode CTL (Contekstual Teaching Learning) terhadap hasil belajar IPS Kelas III SDN 8 Jurit Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen. Populasinya adalah semua siswa Kelas III SDN 8 Jurit Tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan tehnik Random Sampling dengan rancangan post-tes only control design. Kelas III sebagai obyek penelitian. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji t-tes dan data yang digunakan adalah data hasil siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa t hitung sebesar 5,19 sementara t tabel sebesar 2,004 sehingga disimpulkan t hitung > t tabel , ini artinya hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari metode CTL (Contextual Teaching Learning) terhadap hasil belajar IPS Kelas III SDN 8 Jurit Tahun Pelajaran 2018/2019 Kata kunci: Pembelajaran, CTL(Contekstual Teacing Learning), hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:50
Last Modified: 11 Feb 2021 06:50
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item