ALPIANAH, ALPIANAH (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs. NW KORLEKO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI ALPIANAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII MTs NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan tekhnik Random Sampling, kelas VII C sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII D sebagai kelas control. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji t-test polled varians. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (6,4152 > 1,6794) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII MTs NW Korleko”. Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (3,8141 > 1,6794) yang berarti Ho ditolak dan Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII MTs NW Korleko”. Kata kunci: Metode Mind mapping, Motivasi dan Hasil belajar Matematika Siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 08:04 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 08:04 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4073 |
Actions (login required)
View Item |