KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW, GROUP INVESTIGATION (GI), DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FARHIANI, DEVIA EKA (2019) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW, GROUP INVESTIGATION (GI), DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI DEVIA EKA FARHIANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Devia eka Parhiani. (2019). Komparasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, tipe Group Investigation, dan tipe Team Assisted Individualization terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Selong tahun ajaran 2019/2020. Skripsi. Selong: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Hamzanwadi. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, tipe jigsaw, tipe group investigation, team assisted individualization, prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, tipe Group Investigation, dan tipe Team Assisted Individualization dilihat dari prestasi belajar matematika sub bab materi pokok Barisan dan deret aritmetika pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Selong tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Selong tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Tipe Team Assisted Individualization, kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan tipe Jigsaw dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan tipe Group Investigation. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 3×1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan analisis varians satu jalur sel tak sama. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung<Ftabel yaitu (0,645<3,13) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan model pembelajaan kooperatif tipe Jigsaw, tipe Group investigation, dan tipe Team assisted individualization dilihat dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Selong tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 13 Feb 2021 02:33
Last Modified: 13 Feb 2021 02:33
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4084

Actions (login required)

View Item View Item