PENGARUH MODEL GUIDE NOTE TAKING(GNT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII MTs. NW MENGKURU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WILANTIKO, DODY (2019) PENGARUH MODEL GUIDE NOTE TAKING(GNT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII MTs. NW MENGKURU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI DODY WILANTIKO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guide note taking (GNT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. NW Mengkuru pokok bahasan operasi bilangan bulat tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. NW Mengkuru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain posttest-only control design. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan test hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata data motivasi siswa untuk kelompok eksperimen 55,90 dan kelompok kontrol nilai rata-rata 50,90. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 65,90 dan kelompok control 55,90. Data dianalisis menggunakan uji-t. umtuk uji hipotesis hasil belajar diperoleh thitung > ttabel, yaiu 2,32 > 1,672. Hal ini berarti, bahwa hipotesis yang diajukan di terima ( Ho ditolak Ha diterima). Maka dikatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pengaruh model guide note taking(GNT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan operasi bilangan bulat pada siswa kelas vii mts. nw mengkuru tahun pelajaran 2018/2019 Kata Kunci: guide note taking(GNT, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 13 Feb 2021 03:35
Last Modified: 13 Feb 2021 03:35
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item