KOMPARASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

JANNAH, FARIDATUL (2019) KOMPARASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI FARIDATUL JANNAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Open Ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di MA Muallimin NW Gunung Rajak tahun ajaran 2019-2020. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 masing-masing terdiri atas 20 siswa. Kelas XI IPA 1 (eksperimen I) proses pembelajaran menggunakan Problem Based Learning (PBL), sedangkan kelas XI IPA 2 (eksperimen II) dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan Open Ended. Hasil perhitungan uji normalitas eksperimen I adalah x 2 hitung=6,74 sedangkan eksperimen II x2hitung = 7,13 dengan db= 6-1=5, taraf signifikasi 5%, x2tabel=11,070. Sehingga dapat dikatakan bahwa x2hitung x2tabel maka data berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas menggunakan uji Bartlet mendapatkan x2hitung=0,2971 dengan db=2-1=1, taraf signifikan 5%, x2tabel =3,841 sehingga dapat dikatakan bahwa x2hitung x2tabel maka data homogen. Untuk hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji-T menunjukkan bahwa thitung ttabel yaitu 1,865 1,685 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Karena Ha diterima berarti terdapat perbedaan yang signifikasi antara perbandingan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Open Ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), pendekatan Open Ended, kemampuan penalaran matematis siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 13 Feb 2021 06:22
Last Modified: 13 Feb 2021 06:22
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4099

Actions (login required)

View Item View Item