PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

WAHYUNI, IMRO’ATUL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI IMRO’ATUL WAHYUNI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Experimental Design (eksperimen yang tidak sebenarnya). Desain penelitian menggunakan One-shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs NW Suryawangi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket minat belajar dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun uji hipotesis menggunakan rumus analisis korelasi (pearson product momen). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 44,89% (thitung = 4,147 ≥ darittabel = 1,721). (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, namun model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) memiliki hubungan positif dengan minat belajar sebesar 4,08% (thitung = 0,694 ≤ dari ttabel = 1,721). Kata kunci: Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT), Minat Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 15 Feb 2021 03:28
Last Modified: 15 Feb 2021 03:28
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4114

Actions (login required)

View Item View Item