PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN REGULASI DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT TAHUN AJARAN 2019/2020

FITRI, KURATUL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN REGULASI DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI KURATUL FITRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar matematika dan regulasi diri siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pringgabaya pada pokok bahasan bilangan bulat tahun ajaran 2019/2020. Jenis peneltian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Pringgabaya tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 185 siswa, dan sampel dari penelitian ini adalah kelas VII D dan VII E berjumlah 56 orang yang terbagi menjadi 28 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non random sampling tipe purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika yang diperoleh kelas eksperimen adalah 72,85 dan kelas kontrol 70,56. Sedangkan hasil penelitian analisis deskriptif nilai rata-rata regulasi diri siswa yang diperoleh kelas eksperimen adalah 81,96 dan kelas kontrol 77,5. Untuk uji hipotesis, hasil analisa untuk hasil belajar matematika menunjukan thitung = 5,15086 dengan ttabel= 1,6749 karena thitung > ttabel maka “Ha” diterima dan “Ho” ditolak. Dan untuk hasil analisa regulasi diri siswa menujukkan thitung = 8,1090 dengan ttabel = 1,6749 karena thitung > ttabel maka “Ha” diterima dan “Ho” ditolak yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Regulasi Diri Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pringgabaya pada pokok bahasan bilangan bulat tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar Matematika, Regulasi Diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:40
Last Modified: 15 Feb 2021 05:40
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4119

Actions (login required)

View Item View Item