PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DI MA NW NAJAHUTTA’LIM PENGADANG PRAYA TENGAH

MUSTIKA, MEGA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DI MA NW NAJAHUTTA’LIM PENGADANG PRAYA TENGAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIFSI MEGA MUSTIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mega Mustika (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) Terhadap Motivasi Dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI Di MA NW Najahutta’lim Pengadang Praya Tenggah Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Universitas Hamzanwadi. Pembimbing I: Fahrurrozi, M.Pd dan Pembimbing II: Ahmad Rasidi, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model Problem Based Learnig (PBL) terhadap motivasi dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MA NW Najahutta’lim Pengadang Praya Tenggah Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi seluruh siswa MA NW Najahutta’lim. Teknik pengambilan sampel mengunakan teknik Probability Sampling jenis Simpel Random Sampling. Dari hasil random yang terpilih menjadi sampel adalah kelas XI yang terdiri dari dua kelas yakni kelas A dan B. yang menjadi kelas kontrol yaitu kelas A dan yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas B. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “PosttestOnly Control Design”. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes (angket), analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik parametris yaitu dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil manual penelitian non tes (angket Motivasi belajar) diperoleh thitung ≥ ttabel (13,38 ≥ 0,681) dan untuk instrumen tes diperoleh thitung ≥ ttabel (10,82 ≥ 0,681). Dan untuk hasil perhitungan mengunakan bantuan sofware SPSS IBM 16,0. untuk angket Motivasi diperoleh thitung < ttabel yaitu 0,00 < 0,05 dengan taraf signifikan 5 %. Dan untuk tes komunikasi matematis juga sama thitung < ttabel yaitu 0,00 < 0,05 dengan taraf signifikan 5 %. Dari hasil ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. yakni terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran problem based learnig (PBL) terhadap Motivasi dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MA NW Najahutta’lim Pengadang Praya Tenggah tahun 2019/2020. Kata konci: Model Pembelajar Problem Based Learnig (PBL), Motivasi dan kemampuan Komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:05
Last Modified: 20 Feb 2021 05:46
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4130

Actions (login required)

View Item View Item