“PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 SUKAMULIA”

MASHUDI, MUH. (2019) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 SUKAMULIA”. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI MASHUDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Sukamulia. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain factorial design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Sukamulia. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan kelas VII B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil pengujian hipotesis I dengan uji MANOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran antara model pembelajaran two stay two stray dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis II untuk minat belajar menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 6,047 ≥ 1,699 yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hasil pengujian hipotesis II untuk hail belajar menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 6,310 ≥ 1,699 yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran two stay two stray lebih efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis III untuk minat belajar menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 2,247 ≥ 1,699 yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hasil pengujian hipotesis III untuk hasil belajar menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 4,050 ≥ 1,699 yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvensional efektif ditijau minat dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran two stay two stray, minat belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:39
Last Modified: 15 Feb 2021 07:39
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4134

Actions (login required)

View Item View Item