PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA

Fatmawati, Baiq (2011) PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA. Pengajaran MIPA, 16 (2). pp. 85-92. ISSN 1412-0917

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan mengetahui kemampuan berpikir kreatif mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek pada perkuliahan mikrobiologi. Penelitian kali ini difokuskan pada proses merancang proyek pada konsep fermentasi. Penelitian dilakukan di salah satu perguruan tinggi di Lombok pada mahasiswa pendidikan biologi semester V (n=34 orang). Data dikumpulkan berupa tes berpikir kreatif yaitu mengisi komponen-komponen rancangan meliputi permasalahan, solusi-solusi, tujuan dan cara kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kreatif mahasiswa dalam menjawab soal-soal yang diberikan dengan Gain sebesar 0,52. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa di kategorikan ke dalam tiga kategori yaitu kategori rendah (23,5%), sedang (50%), dan tinggi (26,5%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek, berpikir kreatif, mikrobiologi
Subjects: Sains > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr. Baiq Fatmawati Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:54
Last Modified: 22 Feb 2021 07:54
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4137

Actions (login required)

View Item View Item