Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Fatmawati, Baiq (2013) Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup. In: Seminar Nasional Pendidikan Arah Pendidikan MIPA Masa Depan; Antara Harapan dan Kenyataan, Mataram.

[img] Text
Baiq Fatmawat_ Unram_2012.pdf

Download (328kB)

Abstract

Salah satu kunci keberhasilan pembelajaran di kelas adalah kemampuan dan ketepatan guru dalam menggunakan pendekatan atau metode pembelajaran. Memanfaatkan lingkungan dalam pembelajaran merupakan salah satu media sebagai sumber belajar siswa, guru dapat mengaitkan materi dengan situasi nyata, sehingga siswa bisa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pre-test and post-test control group design. Populasi penelitian adalah siswa MTs. NW Gelondong yakni kelas VII A, dan VII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, pada kelas eksperimen dengan Gain sebesar 63,5% dan pada kelas kontrol dengan Gain sebesar 34,7%. Dengan demikian, pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII MTs. NW Gelondong

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: Media Lingkungan, Hasil Belajar
Subjects: Sains > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr. Baiq Fatmawati Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:53
Last Modified: 22 Feb 2021 07:53
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4147

Actions (login required)

View Item View Item