KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs N 1 LOTIM PADA MATERI PENYAJIAN DATA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

JUM’AH, MUHAMMAD FATHI (2019) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs N 1 LOTIM PADA MATERI PENYAJIAN DATA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.MUHAMMAD FATHI JUMAH.NPM12210139.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan problem solving efektif ditinjau dari prestasi dan motvais belajar siswa; 2) mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan konvensionalefektif ditinjau dari prestasi dan motvais belajar siswa; dan 3) menetahui mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan problem solving lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dengan pendekatan konvensional ditinjau dari prestasi dan motvais belajar siswa. Jenis peneliti ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group desaign.Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen berupa perlakuan pembelajaran dengan pendekatan problem solving dan kelas kontrol berupa pelakuan pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa seluruh kelas VII MTs N 1 LOTIN. Dari seluruh kelas VII dipilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi dan angket motivasi belajar. Untukmengetahui efektif tidaknya pembelajaran dengan pendekatan problem solvingdan pemebelajaran dengan pendekatan konvensional ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sampel t-test.Untuk mengetahui perbedaan keefektifan pendekatan pembelajaran digunakan uji multivariat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) pendekatan problem solving efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa; 2) pendekatan konvensional efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa; dan 3) pendekatan problem solving lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan konvensional ditinjau dari prestasi dan pendekatan problem solving tidak lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa. Kata Kunci: problem solving, konvensional, prestasi, dan motivasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:08
Last Modified: 16 Feb 2021 03:08
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4153

Actions (login required)

View Item View Item