EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA MTS MANBA’UL BAYAN LINGKUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

NINA, NINA (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA MTS MANBA’UL BAYAN LINGKUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI NINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA MTS MANBA’UL BAYAN LINGKUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 NINA Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hamzanwadi [email protected] Penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa MTS Manba’ul Bayan Lingkung 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTS Manba’ul Bayan Lingkung 2019/2020. Sampel penelitian ini didapatkan dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan angket, adapun instrumen dalam penelitian ini tes dan angket untuk uji persyaratan data dilakukan dengan uji normalitas data dengan menggunakan rumus chi-kuadrat dan uji homogenitas dengan mengguankan Uji-F, sedangkan uji hipotesis mengguanakan anava dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan dapat diketahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata 77 dan hasil belajar kelas kontrol 76. Dari hasil Uji-T yang sudah dilakukan diperoleh , . Sedangkan untuk gaya belajar siswa diperoleh hasil perhitungan anava dua jalur untuk gaya belajar visual menunjukkan bahwa Sebesar 4,18 ≥1,95 sehingga dapat diputuskan ditolak dan diterima, , gaya belajar auditorial menunjukkan bahwa Sebesar 0,19 1,95 sehingga dapat diputuskan ditolak dan diterima. Gaya belajar kinestetik menunjukkan bahwa Sebesar 3, 71 ≥ 1,95 sehingga dapat diputuskan ditolak dan diterima. Kata kunci. Model Realistic Mathematics Education (RME) Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 16 Feb 2021 05:14
Last Modified: 16 Feb 2021 05:14
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4166

Actions (login required)

View Item View Item