IMROATI, RAHMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP SELF CONFIDANCE DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 BATUKLIANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
![]() |
Text
SKRIPSI RAHMA IMROATI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan saintifik terhadap self-confidance dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Batukliang tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis pnelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Batukliang tahun pembelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas A sebagai kelas ekperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Factorial. Teknik pengupulan data yang digunakan adalah anget self-confidance dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil pengujian hipotesis I menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 14,086 ≥ 2,78 yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signitifikan dalam penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan saintifik terhadap self-confidance dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Batukliang tahun pembelajaran 2018/2019. Kata kunci: model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan saintifik, self-confidance, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 06:44 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 06:44 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |