PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA

HASTUTI, SITI PUJI (2019) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI SITI PUJI HASTUTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Aljabar pada siswa kelas VIII di SMP NW Kalijaga tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP NW Kalijaga tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling tipe purposive sampling. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kepercayaan diri dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan analisis uji-t satu pihak,, hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel yaitu untuk hasil hipotesis angket kepercayaan diri diperoleh thitung = 2,19 dengan ttabel = 1,68, adapun untuk hasil hipotesis tes hasil belajar diperoleh thitung = 3,66 dengan ttabel =1,68 . Karena hasil thitung ˃ ttabel “Ha” diterima dan “H0” ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP NW Kalijaga tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Kepercayaan Diri, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:51
Last Modified: 17 Feb 2021 02:51
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4201

Actions (login required)

View Item View Item