PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MELALUI JIGSAW GUNA MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

ALAWIYAH, TUTI (2019) PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MELALUI JIGSAW GUNA MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI TUTI ALAWIAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Project Based Learning melalui Jigsaw guna meningkatkan penalaran matematis dan motivasi siswa dengan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Pengembangan model dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian dilaksanakan di MTs NW Rumbuk dengan mengambil subjek penlitian kelas VIII C sebanyak 24 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari (1) lembar validasi, (2) angket kepraktisan dari guru dan siswa, (3) tes penalaran matematis, dan (4) angket motivasi. Kualitas kevalidan buku panduan memenuhi kriteria valid dari segi materi dan bahasa dengan skor masing-masing 53,5 dan 44. Untuk kevalidan tes dan angket memenuhi kriteria validasi sedang yaitu koefisien validitas sebesar 0,78 dan layak digunakan. Kualitas kepraktisan model yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dari respon guru dengan pencapaian skor 37 dan dari respon siswa dengan persentase skor 89,44% . Kriteria keefektifan terlihat dari meningkatnya hasil tes penalaran dan angket motivasi dengan ketentuan nilai rata-rata siswa diatas KKM (70) dan persentase ketuntasan klasikal . Data pre test penalaran matematis memperoleh persentase skor sebesar 38,96% meningkat menjadi 77,12% yang diperoleh dari data post test dan nilai rata-rata data post test sebesar 77,12 diatas KKM (70) dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,50% . Data pre test motivasi siswa memperoleh persentase skor sebesar 54,78% 75% meningkat menjadi 79,80% yang diperoleh dari data post test. Kata kunci: Project Based Learning, Jigsaw, Penalaran Matematis, dan Motivasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 18 Feb 2021 06:22
Last Modified: 18 Feb 2021 06:22
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item View Item