PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUTOPLAY DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B MTs. MU’ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AKBAR, MUJAHIDUL (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUTOPLAY DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B MTs. MU’ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI MUJAHIDUL AKBAR 2019.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Mujahidul Akbar. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay dengan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs. Mu’allimin NW Pancor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hamzanwadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Autoplay dengan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs. Mu’allimin NW Pancor yang valid, praktis dan efetif. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, karena memiliki tahapan yang sederhana namun jelas dan mudah dipahami. Model ini terdiri dari lima tahapan utama, yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) Lembar validasi Media, (2) Lembar validasi THB, (3) Lembar penilaian kepraktisan Media, (4) Lembar penilaian respon siswa, (5) Lembar observasi aktivitas guru, (6) Lembar observasi aktivitas siswa, (7) Tes hasil belajar (THB). Data kevalidan produk dianalisis dengan mengkonversikan skor menjadi data kualitatif skala lima. Data kepraktisan terdiri dari data penilaian kepraktisan LKS yang dianalisis dengan mengkonversikan skor menjadi data kualitatif skala lima dan data hasil penilaian respon siswa dianalisis dengan menentukan jumlah skor menurut siswa kemudian ditentukan persentase jumlah kepraktisan berdasarkan penilaian absolut. Data keefektifan dianalisis dari hasil belajar siswa yang ditentukan berdasarkan penilaian absolut. Melalui proses pengembangan telah dihasilkan: (1) Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay dengan Problem Based Learning dan (2) Instrumen penelitian. Uji coba dilakukan pada kelas VII B MTs. Mu’allimin NW Pancor. Berdasarkan analisis uji coba menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis Autoplay dengan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan media yang memenuhi kriteria sangat valid dengan perolehan skor total aktual 219 dari skor maksimal 260. Kriteria kepraktisan terlihat dari hasil analisis penilaian guru dan hasil analisis respon siswa yang memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan penilaian guru dengan perolehan skor total aktual 36 dari skor maksimal 40 dan telah mencapai kriteria praktis berdasarkan respon siswa dengan persentase 88.33% dari standar 75 . Kriteria keefektifan terlihat dari hasil analisis tes hasil belajar siswa dimana hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata skor nilai 79.83 atau berada di atas KKM 70 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 83.33% dari standar 75%. Kata kunci: Media Pembelajaran, Autoplay, Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 18 Feb 2021 06:56
Last Modified: 18 Feb 2021 06:56
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4256

Actions (login required)

View Item View Item