PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI(GI) YANG DIPADUKAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X MULTIMEDIA SMKN 1 PRAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

FEBRIYANTI, DINDA FITRI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI(GI) YANG DIPADUKAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X MULTIMEDIA SMKN 1 PRAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI DINDA FITRI FEBRIYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang dipadukan dengan media pembelajaran Flashcard terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis kelas x multimedia di SMK Negeri 1 praya tahun ajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan meteode Pre-Exsperimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X multimedia SMKN 1 Praya yang berjumlah 30 siswa, dengan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Kelas X Multimedia sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang dipadukan dengan media pembelajaran flashcard terhadap minat belajar siswa (dengan nilai signifikansi ρ < 0,05) yaitu (0,000<0,05), 2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang dipadukan dengan media pembelajaran Flashcard terhadap hasil belajar siswa (dengan nilai signifikansi ρ < 0,05), yaitu (0,000<0,05). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang dipadukan dengan media pembelajaran Flashcard terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran dasar desain grafis kelas x multimedia di SMK Negeri 1 praya Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, group investigation, media flashcard, Minat Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Informatika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 22 Feb 2021 05:09
Last Modified: 22 Feb 2021 05:09
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4279

Actions (login required)

View Item View Item