PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS X TKJ DI SMK BAJANG NW AJAN TAHUN AJARAN 2019/2020

IPTIHANI, HURIL (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS X TKJ DI SMK BAJANG NW AJAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI HURIL IPTIHANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Murder Terhadap Keaktifan dan hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X TKJ Di SMK Bajang NW Ajan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design bentuk one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X TKJ SMK Bajang NW Ajan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ yang berjumlah 30 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengukur keaktifan belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Paired Sample T Test dengan bantuan SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe murder terhadap keaktifan siswa dengan nilai signifikansi 0,000<0,05; (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe murder terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05 . Hal ini berarti, kedua hipotesis yang diajukan di terima (Ha diterima H0 ditolak). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Murder lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran Tipe Murder, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Informatika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:43
Last Modified: 22 Feb 2021 07:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4285

Actions (login required)

View Item View Item