PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPA PADA POKOK BAHASAN SIRKULASI (DAUR) AIR KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM NW KOTARAJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

IRAWADI, MUAHMMAD (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPA PADA POKOK BAHASAN SIRKULASI (DAUR) AIR KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM NW KOTARAJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK M. Irawadi.(2018). Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA dengan Pokok Bahasan Sirkulasi (Daur) Air Kelas V SD Islam NW Kotaraja Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Hamzanwadi Selong. Pembimbing: 1) Muhammad Sururuddin, M.Pd. 2) Arif Rahman Hakim, M.Pd Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Handout IPA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadopsi model Plomp. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar handout IPA berbasis kontekstual dengan materi sirkulasi air yang terdiri dari buku siswa dan LKS. Penelitian ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu: (1) Fase Investigasi awal, (2) Fase perancangan, (3) Fase realisasi/konstruksi, (4) Fase tes, evaluasi dan revisi, (5) fase implementasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Islam NW Kotaraja sebanyak 20 siswa. Instrument pengumpulan data meliputi lembar validasi tim ahli, tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus konversi skala 5 untuk bahan ajar handout IPA dan persentase ketuntasan belajar untuk mengetahui keefektifan bahan ajar terhadap hasil belajar siswa. Dalam tahap pengembangan diperlukan validasi bahan ajar oleh validator. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, bahan ajar handout IPA memperoleh skor 31 dengan rata – rata 3,86 berada kategori baik/valid. Sedangkan pada ahli tampilan diperoleh skor 69 dengan nilai rata – rata 3,62 berada pada kategori baik/valid. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar handout IPA berbasis kontekstual dapat digunakan untuk mengambil data penelitian. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah peningkatan ketuntasan klasikal pada hasil belajar siswa dari 65 % menjadi 85%. Sedangkan respon siswa berada pada kriteria positif yaitu 87%. Dari hasil penelitian tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa bahan ajar handout IPA pada kajian akhir dikatakan valid, praktis, efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan Plomp

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:58
Last Modified: 23 Feb 2021 02:58
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4297

Actions (login required)

View Item View Item