IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR VAN HIELE BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 MASBAGIK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

WARTIKA, MEINANDA (2018) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR VAN HIELE BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 MASBAGIK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI MEINANDA WARTIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MEINANDA WARTIKA. 2018. Implementasi Teori Belajar Van Hiele Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNIVERSITAS HAMZANWADI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa sub materi pokok bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV SDN 2 Masbagik Timur tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN2 Masbagik Timur, yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 14 orang siswa lakilaki dan 16 orang siswa perempuan. Data yang diperoleh ada 2 yaitu, data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi dan angket, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan mengimplementasikan teori belajar Van Hiele berbasis etnomatematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 2 Masbagik Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci :Teori Belajar Van Hiele, Etnomatematika, MotivasiBelajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:12
Last Modified: 23 Feb 2021 06:12
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4306

Actions (login required)

View Item View Item