MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODELPEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN GAMBAR PADASISWA KELAS V SDN 5 SURALAGAKABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

HIDAYATULLAH HS, MUH. APRIANDI (2018) MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODELPEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN GAMBAR PADASISWA KELAS V SDN 5 SURALAGAKABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis puisi berbantuan gambar dapat ditingkatkan melalui metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)) pada siswa kelas V SDN 5 Suralaga tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action research Class)dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Rangkaian penelitian tindakan kelas ini meliputi (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan (action), (c) pengumpulan data (observasing), (d) menganalisis data/informasi untuk memutuskan sejauhmana kelebihan atau kelemahan tindakan tersebut (reflecting). Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan rumus presentase ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil siklus I jumlah siswa mendapat nilai ⩾75 sebanyak 11 siswa (55%) sedangkan yang mendapat nilai ˂ 75 sebanyak 9 siswa (45%). Karena hasil yang didapatkan belum maksimal, maka dilakukan beberapa perbaikan pada siklus II. Berdasarkan hasil siklus II, jumlah siswa mendapat nilai ⩾ 75 meningkat sebanyak 17 siswa (85%) sedangkan yang mendapat nilai ˂ 75 sebanyak 3 siswa (15%). Nilai ini menunjukkan telah memenuhi syarat ketuntasan yang telah diterapkan kurikulum. Dengan demikian penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa khususnya siswa kelasV SDN 5 Suralaga. Kata Kunci: Menulis, Puisi, model CIRC

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:57
Last Modified: 23 Feb 2021 06:57
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4312

Actions (login required)

View Item View Item