MUNIR, MUH. JALILUDDIN (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS METODE GUIDED NOTE TAKING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 3 WANASABA TAHUN AJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
jalil skripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Muh. Jaliluddin munir : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Guided Note Taking Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 3 Wanasaba Tahun Ajaran 2017/2018.Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. UNIVERSITAS HAMZANWADI . Pembimbing 1. Rohini, M.Pd 2. Yul Alfian Hadi, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah/prosedur pengembangan bahan ajar IPS dengan metode guided note taking untuk kelas IV SD, untuk mengetahui kualitas/kelayakan produk bahan ajar IPS dengan Metode Guided Note Taking untuk kelas IV SD, untuk mengetahui penggunaan bahan ajar IPS dengan pendekatan konstektualuntuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain, validasi desain, pembuatan produk, uji coba dan revisi. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar dengan metode guided note taking layak digunakan dalam pembelajran, hasil validasi ahli pada aspek bahasa mendapat kategori “sangat valid” dengan nilai (x)=3, pada aspek tampilan mendapat kategori “valid” dengan nilai (x)=2,71, pada aspek materi mendapat kategori “sangat valid” dengan nilai (x)=3. Data hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan mengalami kenaikan, hasil pretes siswa diperoleh nilai rata-rata siswa 60, dengan persentase kelulusan 38%.sedangkan hasil postest siswa diperoleh nilai rata-rata siswa 84,6 yang dibulatkan menjadi 85, dengan persentase kelulusan 92%. Sementara hasil analisis respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar IPS dengan metode guided note taking didapatkan data dari 13 siswa ada 1 siswa yang merespon pada kategori sangat tinggi/positif pada rentang , dan ada 11 siswa yang merespon pada kategori tinggi/positif pada rentang dan ada 1 siswa yang merespon pada kategori sangat rendah/negatif pada rentang . Kata kunci: pengembanganbahan ajar,Metode Guided Note Taking
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 07:09 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 07:09 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4314 |
Actions (login required)
View Item |