HADIJAH, SYARIFA (2019) PENGGUNAAN MEDIA TORSO DALAM MENINGGKATKAN HASIL BELAJARIPA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 4 TEBABAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text (Skripsi)
SKRIPSI OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 Tebaban dengan menggunakan Alat Peraga Torso. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tiga siklus yaitu siklus I dan II yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), pengamatan (Observing) dan refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 4 Tebaban yang terdiri dari 27 siswa. Metode pengumpulan data meliputi: tes dan obervasi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan jumlah nilai yang diperoleh sebesar 1884 dengan nilai rata-rata 69,8 dan ketuntasan klasikal sebesar 40,7%. Data tentang aktivitas siswa dengan kategori cukup aktif pada rentang skor 37,5<X ≤ 46,5. Hasil yang diperoleh pada siklus II jumlah nilai 2164 dengan rata-rata 80,18 , dan ketuntasan klasikal sebesar 88,88%. Adapun hasil observasi aktivitas pada siklus II mencapai kategori aktif pada rentang skor 46,5<X ≤ 55,5. Terlihat bahwa pada siklus II kegiatan guru dan siswa sudah melaksanakan pembelajaran dengan maksimal sehingga hasil belaja rmeningkat, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga torso mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat baik sesuai dengan indikator keberhasilan. Kata kunci: Alat Peraga Torso dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 02:56 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 02:56 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4326 |
Actions (login required)
View Item |