SAUPIAH, SAUPIAH (2019) ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN 4 KERUMUT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI SAUPIAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 serta faktor penghambat kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 Di SDN 4 Kereumut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SDN 4 Kerumut, yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2019. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan Teknik tringulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini ada dua hal sesuai rumusan masalah penelitian yang bisa disimpulkan 1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SDN 4 Kerumut yaitu kepala sekolah sebagai pendidik dimana kepala sekolah memberikan pelatihan berupa workshop, untuk guru agar lebih memahami lebih luas tentang kurikulum 2013. Selanjutnya kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer yaitu kepala sekolah memberikan bimbingan tekhnis bagi guru kelas IV serta kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor yaitu mengadakan kerja kelompok guru sekkolah dan kerja kelompok guru, 2) penghambat kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu fasilitas terbatas dan kurang menguasai materi. Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 03:21 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 03:21 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4329 |
Actions (login required)
View Item |