PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WILMO (WEB-BASED INTERACTIVE LEARNING MODULE ) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RANCANG BANGUN JARINGAN DI SMK IP AL-MADANI

MUSTAMIUDDIN, MUSTAMIUDDIN (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WILMO (WEB-BASED INTERACTIVE LEARNING MODULE ) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RANCANG BANGUN JARINGAN DI SMK IP AL-MADANI. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI MUSTAMIUDDIN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah 1) menghasilkan aplikasi media pembelajaran berbasis WILMO (Web-based Interactive Learning Module), 2) mengetahui seberapa layak produk tersebut sebagai bahan ajar untuk SMK IP Al-madani, 3) untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis WILMO. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif pengumpulan data dilakukann dengan angket. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil produk media pembelajaran berbasis WILMO di nyatakan layak digunakan menurut ahli materi dengan presentase 78% sedangkan menurut ahli media dinyatakan layak dengan presentase 72% dan hasil dari respon siswa dinyatakan sangat tinggi dengan persentase 81%. Berdasarkan hal tersebut, maka media pembelajaran berbasis WILMO ini layak digunakan sebagai sarana pendukung pada proses pembelajaran di SMK. Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, WILMO (Web-based Intractive Learning Module)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Informatika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 24 Feb 2021 05:41
Last Modified: 24 Feb 2021 05:41
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4343

Actions (login required)

View Item View Item