ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI (MEMBACA) DASAR SISWA SD DI GUGUS I MASBAGIK UTARA

MALIKA, SITI (2019) ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI (MEMBACA) DASAR SISWA SD DI GUGUS I MASBAGIK UTARA. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI SITI MALIKA, NPM. 15110113.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kebijakan kurikulum 2013 terhadap kemampuan literasi (membaca) dasar siswa SD. Populasi dalam penelitian ini adalah sekolah di gugus I Masbagik Utara kecamatan Masbagik dengan sampel 5 sekolah pada gugus I yaitu SDN 01, SDN 02, SDN 04, SDN 05 dan SDN 09 Masbagik Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa sekolahkurang memahami kebijakan kurikulum 2013 dalam meningkatkan kemampuan literasi (membaca) dasar siswa. Dari lima orang kepala sekolah, terdapat dua kepala sekolah yang kurang memahami akan kebijakan kurikulum 2013 terhadap kemampuan literasi (membaca) dasar siswa dan dua puluh enam orang guru, terdapat tiga belas guru yang kurang setuju dan paham akan kebijakan kurikulum 2013 terhadap kemampuan literasi (membaca) dasar siswa, serta dua puluh enam siswa, terdapat tiga belas siswa yang kebiasaan membaca masih sangat rendah. Kata Kunci: Kebijakan kurikulum 2013, kemampuan literasi (membaca) dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:28
Last Modified: 24 Feb 2021 06:28
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item