IMPLEMENTASI MODEL DESAIN PEMBELAJARAN GERLACH AND ELY PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SISWA KELAS IV SDN 5 DASAN LEKONG KECAMATAN SUKAMULIA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

RAHMAH, SITI (2019) IMPLEMENTASI MODEL DESAIN PEMBELAJARAN GERLACH AND ELY PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SISWA KELAS IV SDN 5 DASAN LEKONG KECAMATAN SUKAMULIA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI RAHMAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan pada zaman ini sudah ditingkatkan dalam pengembangan kurikulum salah satunya dari segi pengembangan kurikulum pada kurikulum 2013. Kurikulum 2013 tenaga pendidik dan peserta didik dituntut untuk lebih aktif, inovatif, dan kreatif dalam menentukan dan mengiplementasikan modelmodel pembelajaran yang tujuan untuk meningkatkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. SDN 5 Dasan Lekong merupakan salah satu Sekolah Dasar yang menggunakan atau menerapkan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model desain pembelajaran Gerlach dan Ely pada tema 2 selalu berhemat energi siswa kelas IV SDN 5 Dasan Lekong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif model interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasakan hasil penelitian dapat dilaporkan bahwa Implementasi model desain pembelajaran gerlach and ely pada pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi pada siswa kelas 4 di SDN 5 Dasan Lekong sudah diimplementasikan dengan menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi 5 tahapan dalam belajar, yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Kata Kunci: Implmentasi, Model Desain Pembelajaran, Gerlach and Ely.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:35
Last Modified: 24 Feb 2021 06:35
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item View Item