EFEKTIVITAS MODEL THINK TALK WRITE (TTW)TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF SISWA KELAS IV SDN DASAN BARU INPRES TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HAYATI, NURMALA (2018) EFEKTIVITAS MODEL THINK TALK WRITE (TTW)TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF SISWA KELAS IV SDN DASAN BARU INPRES TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI nurmala hayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh evektivias model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menulis karangan deskriftif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Dasan Baru Inpres tahun pelajaran 2018/2019. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design, dengan bentuk Posttest-Only Control Design, pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dipilih secara random. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dasan Baru Inpres dengan jumlah siswa 31 orang yang menjadi kelas eksperimen, dan siswa kelas IV SDN Pemepek dengan jumlah siswa 27 orang jadi kelas kontrol. Tehnik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes uraian. Data dianalisis menggunakan uji t dua pihak dengan metode sampel related varian. Kemudian dari pengujian hipotesis dengan uji t didapat thitung> ttabel (5,539 > 1,672) maka hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima yang artinya ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Dasan Baru Inpres tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model pembelajaran Think Talk Write (TTW), kemampuan menulis karangan deskriptif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:12
Last Modified: 25 Feb 2021 03:12
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4364

Actions (login required)

View Item View Item