SRA, SITI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X SMKN 1 SIKUR TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
![]() |
Text
SKRIPSI SITI ISRA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar pada kelas X di SMKN 1 Sikur tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah true experimental bentuk posttest-only control desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMKN 1 Sikur yang berjumlah 61 siswa dengan sampel penelitian kelas X TKJ1 kelompok kontrol yang berjumlah 30 siswa, dan kelas X TKJ2 kelompok eksperimen dengan jumlah 31 siswa dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes multiple choice yang berjumlah 30 soal. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan indepedent samples t-test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Thitung= 5,400 dan Ttabel= 1,671 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga model pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar pada siswa kelas X SMKN 1 Sikur Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Blended Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Informatika |
Depositing User: | A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 05:15 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 05:15 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |