ANALISIS PENYEBAB KURANGNYA PENGUASAAN LAGU WAJIB NASIONAL PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN KELAS IV DI MI NW NO. 05 PANCOR

ILMIATI, NURUL (2018) ANALISIS PENYEBAB KURANGNYA PENGUASAAN LAGU WAJIB NASIONAL PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN KELAS IV DI MI NW NO. 05 PANCOR. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Penyebab Kurangnya Penguasaan Lagu Wajib Nasional Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas IV DI MI NW NO. 05 PANCOR. Nurul Ilmiati Latar belakang penelitian ini didasarkan pada banyaknya siswa sekolah dasar kurang menguasai lagu wajib nasional pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penyebab kurangnya penguasaan lagu wajib nasional pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan kelas IV di MI NW NO.05 Pancor. Tujuannya untuk mengetahui penyebab kurangya penguasaan lagu wajib nasional pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan kelas IV di MI NW NO. 05 Pancor. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tehnik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kurangnya penguasaan lagu wajib nasional pada kelas IV diantaranya: 1) dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan guru tidak mengajarkan materi tentang lagu wajib nasional, 2) guru mengajarkan materi lagu wajib nasional ketika ada kaitannya dalam pembelajaran Pendidikan KewargaNegaraan, 3) materi Seni Budaya dan Keterampilan lebih memfokuskan kepada keterampilan menggambar, 4) tidak adanya tekanan dari pihak guru untuk menghapal maupun menulis lagu wajib nasional dirumah, 5) fasilitas berupa buku pedoman tentang kumpulan nyanyian lagu wajib nasional hanya dimiliki oleh guru/wali kelas dan 6) dalam kesehariannya siswa lebih sering mendengarkan lagu sasak, dangdut, pop dibandingkan lagu wajib nasional. Solusinya: 1) menyanyikan lagu wajib nasional diawal pembelajaran, 2) memberi tugas menghapal lagu wajib nasional di rumah, 3) orang tua tetap mengontrol anak-anaknya, 4) orang tua tidak memutar lagu dewasa ketika bersama anak, 5) TV sering memunculkan lagu wajib nasional dan 6) adanya fasilitas yang memadai dari pihak sekolah. Kata Kunci: lagu wajib nasional, seni budaya dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:56
Last Modified: 25 Feb 2021 06:56
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item